Guru Barat & Guru Timur, dikotomi orang-orang bodoh

Guru Barat & Guru Timur, dikotomi orang-orang bodoh

 

Guru Barat & Guru Timur, dikotomi orang-orang bodoh

Dewasa ini dalam sebuah garis perguruan Hindu, muncul sebuah golongan ekslusif yang menyatakan bahwa guru yang bona fide hanyalah guru-guru yang terlahir sebagai orang Timur (dalam hal ini etnis India). Penganut paham ini umumnya tidak respek dan tidak menaruh hormat pada guru-guru Veda yang berasal dari etnis lain, terutama sekali dari orang-orang Barat. Alasan mereka sederhana, mereka beranggapan bahwa mereka yang lahir diluar tanah Bharata terlahir sebagai orang candala yang masa kecilnya dihabiskan dalam berbagai kehidupan berdosa, sedangkan mereka yang lahir di India adalah roh-roh saleh yang beruntung dan sejak kecil mereka sudah berhadapan dengan tradisi Veda, sudah terbiasa menjalankan disiplin Veda yang suci sehingga jauh lebih berkualifikasi dari pada mereka yang baru mengenal Veda pada masa remaja/dewasanya. Karena itulah golongan ini dengan sangat fanatiknya hanya mau menerima guru dari India dan tidak jarang merendahkan guru-guru Hindu yang terlahir sebagai etnis non-India.

Artikel ini saya tulis bukan untuk mengorek dan memperbesar luka yang dibuat oleh segelintir oknum. Tidak juga karena saya ada di pihak yang berseberangan dengan mereka oleh karena guru spiritual Veda saya adalah orang Barat, tetapi hanya berusaha meluruskan pandangan keliru yang muncul dari angan-angan filsafat hampa segelintir pihak-pihak tertentu yang tidak mau tahu akan apa yang sudah diuraikan Veda mengenai kualifikasi seorang guru kerohanian. Sehingga secara pribadi saya berharap, mereka yang membaca artikel ini dan berlum terkontaminasi “virus guru barat dan guru timur” bisa berpikir lebih jernih dan akhirnya mendapatkan seorang guru bukan karena terinveksi “virus tersebut”, melainkan murni karena kata hati dan karena memang guru tersebut adalah guru yang paling cocok, yang kira-kira paling mampu membimbing dirinya dalam kerohanian secara pribadi. Memilih seorang guru kerohanian tidak ubahnya bagaikan memilih seorang pasangan hidup. Kita memilih beliau karena kita merasa dekat dan merasa beliaulah yang cocok membimbing kita. Bukan karena paksaan dan propaganda tidak jelas sebagaimana isu “guru barat dan guru timur” yang gencar digemakan belakangan ini.

Pustaka Veda menguraikan bahwa untuk meniti jalan spiritual maka seseorang harus berpijak pada 3 pondasi dasar, yaitu sastra (kitab suci), sadhu (pergaulan suci) dan yang tidak kalah pentingnya adalah guru (spiritual master). Ketiga pilar ini bagaikan seseorang yang mencari suatu alamat yang belum dia ketahui berbekal kompas (analogi guru), peta (analogi sastra) dan informasi orang-orang sekitar yang tahu lokasi tersebut (analogi sadhu). Ketiadaan satu pilar ini akan membuat pencaharian kita dalam kerohanian pincang dan menyulitkan. Bhagavad Gita mengatakan bahwa ajaran kerohanian Veda hanya bisa dimengerti dengan proses sabda dari barisan guru-guru kerohanian yang dapat dipercaya (parampara); “evaḿ paramparā-prāptam imaḿ rājarṣayo viduḥ sa kāleneha mahatā yogo naṣṭaḥ parantapa”(Bg.4.2) dan “tad viddhi praṇipātena paripraśnena sevayā upadekṣyanti te jñānaḿ jñāninas tattva-darśinaḥ (Bg. 4.34). Dalam Sri Guruvastaka  sloka ke-8 juga disebutkan pentingnya seorang guru kerohanian, yaitu sebagai berikut: “yasya prasadad bhagavat-prasado yasyaprasadan na gatih kuto ‘pi dhyayan stuvams tasya yashas tri-sandhyam vande guroh shri-charanaravindam, Atas karunia dari guru kerohanian seseorang menerima berkat dari Tuhan. Tanpa karunia dari guru kerohanian, seseorang tidak akan dapat mencapai kemajuan apapun (dalam bidang kerohanian). Karena itu hamba harus selalu ingat dan memuji guru kerohanian. Paling tidak tiga kali sehari hamba harus sujud hormat kepada kaki padma guru kerohanian hamba”. Jadi, keberadaan seorang guru kerohanian mutlak diperlukan dalam mempelajari Veda.

Lalu bagaimana kita bisa memandang seorang guru kerohanian adalah guru kerohanian yang bona fide yang mampu menuntun kita menyebrangi lautan kehidupan dan kematian ini? Bisakah kita membuat dikotomi kelompok guru-guru berdasarkan kelahirannya dan masa lalunya?

Mempertanyakan kedudukan dan kredibilitas seorang guru kerohanian berdasarkan kelahiran dan masa lalunya sama halnya dengan kita mempertanyakan varna seseorang dalam sistem catur varna tetapi memandang siapa bapak dan ibunya sehingga yang akan kita temukan hanyalah penyimpangan sebagaimana munculnya sistem kasta yang menggerogoti Hindu dari dalam saat ini. Narada Muni, seorang Dewa Rsi yang paling dihormati dalam sastra-sastra Veda dan bebas berkelana keluar masuk alam rohani ternyata dulunya hanyalah anak seorang pelayan. Maha Rsi Valmiki, penulis Ramayana adalah seorang mantan perampok, pembunuh dan pemerkosa yang bernama Ratnakara tetapi akhirnya bertobat berkat wejangan suci dari Rsi Narada. Demikian juga dengan Maha Rsi Parasaramuni yang terlahir dari keluarga Sudra. Ternyata jika kita runut lebih jauh, sangat banyak orang-orang suci Hindu yang tersurat dalam kitab suci Veda muncul dari golongan-golongan rendah dan tidak jarang awalnya bertabiat asurik. Oleh karena itu, adakah alasan untuk melakukan dikotomi atas asal-usul kelahiran dan masa lalu seorang guru?

Secara singkat seorang guru kerohanian yang bona fide harusnya beliau yang sudah menyerahkan dirinya secara total kepada Tuhan, tidak lagi dibebani oleh ikatan material, tugas kewajiban kepada istri dan keluarga.  Mengenai hal ini secara intriksik dijelaskan dalam Bhagavad Gita 18.42 dan Bhagavata Purana 11.17.13 yang membahas catur varna. Disana kita bisa memetik intisari bahwa seorang guru kerohanian (yang juga seorang Brahmana) adalah beliau yang telah memiliki sifat-sifat; Kedamaian hati (samah), Terkendali diri (damah), Kesederhanaan (tapah), Kesucian (saucam), Toleransi (ksantir), Kejujuran (arjavam), Berpengetahuan rohani (jnanam), Bijaksana. (vijnanam), Agamis (astikyam), Berpuas hati (santosah), Pengampun (ksanthih), Bhakti kepada Tuhan (bhakti), dan Kasih sayang (daya). Sehingga dengan demikian, jika seseorang telah memenuhi syarat dasar ini, mengikuti sistem parampara dan mampu melakukan transfer ilmu, maka dia sangat layat diangkat sebagai seorang guru meskipun dia lahir sebagai orang cacat, hina dan rendah dari keluarga candala, ataupun pernah berbuat dosa dimasa lalu.

Tindakan merendahkan seorang guru kerohanian adalah termasuk tindakan Aparadha (guru-aparadha/vaisnava-aparadhna) atau tindakan kesalahan terhadap seorang guru. Seorang guru yang bona fide, bagaimanapun latar belakangnya pada dasarnya adalah seorang Vaisnava (penyembah Tuhan) dan dalam 10 jenis kesalahan terhadap nama suci Tuhan dinyatakan bahwa vaisnava-aparadha adalah kesalahan yang paling fatal dalam usaha seorang calon bhakta memuja dan mendekatkan diri kepada Tuhan.  Dalam Adi Purana, Siva Purana dan juga Padma Purana sudah menegaskan bahwa pemujaan yang tertinggi adalah kepada bhakta dari Sri Hari (Tuhan), yaitu sang guru kerohanian. Dengan menghina atau tidak hormat kepada seorang guru kerohanian / sanyasi meskipun beliau bukan guru kita secara langsung sama artinya tidak hormat kepada Sri Hari dan dengan demikian otomatis kita tidak akan pernah bisa mencapai pada Sri Hari sebagaimana yang menjadi tujuan hidup terakhir kita.

Berpikirlah seribu kali jika dalam benak anda pernah terlintas membedakan guru-guru kerohanian bukan berdasarkan standar dasar yang ditetapkan kitab suci, tetapi memandang mereka berdasarkan kelahiran dan masa lalunya. Karena itu adalah kesalahan fatal bagi kita yang mencoba menekuni jalan bhakti. Jangan lupa bahwa Tuhan tidak memandang kita berdasarkan pada badan yang kita pakai saat ini, tidak peduli apakah kita terlahir sebagai manusia, binatang tumbuhan ataupun hanya sebuah virus kecil. Dalam kaitan ini Sri Krishna menasehati Arjuna dengan mengatakan; “vidyā-vinaya-sampanne brāhmaṇe gavi hastini śuni caiva śva-pāke ca paṇḍitāḥ sama-darśinah, Para resi yang rendah hati, berdasarkan pengetahuan yang sejati, melihat seorang brahma yang bijaksana dan lemah lembut, seekor sapi, seekor gajah, seekor anjing dan orang yang makan anjing dengan penglihatan yang sama” (BG.5.18). Beliau sendiri kembali dengan tegas mengatakan dalam Bhagavad Gita 4.36-37; “api ced asi päpebhyaù sarvebhyaù päpa-kåt-tamaù sarvaà jïäna-plavenaiva våjinaà santariñyasi yathaidhäàsi samiddho ‘gnir bhasma-sät kurute ‘rjuna jïänägniù sarva-karmäëi bhasma-sät kurute tathä, Walaupun engkau dianggap sebagai orang yang paling berdosa diantara semua orang yang berdosa, namun apabila engkau berada didalam kapal pengetahuan rohani, engkau akan dapat menyeberangi lautan kesengsaraan. Seperti halnya api yang berkobar mengubah kayu bakar menjadi abu, begitu pula api pengetahuan membakar segala reaksi dari kegiatan material sehingga menjadi abu, wahai Arjuna”. Lebih lanjut dalam Bhagavad Gita 12.10 Beliau bersabda; “abhyāse ‘py asamartho ‘si mat-karma-paramo bhava mad-artham api karmāṇI kurvan siddhim avāpsyasi, Aku sangat mencintai orang yang mengikuti jalan bhakti yang kekal ini, tekun sepenuhnya dengan keyakinan, dan menjadikan Aku sebagai tujuan tertinggi. Jadi buang niat anda jauh-jauh untuk menghakimi seseorang berdasarkan kelahiran dan masa lalunya, apa lagi mereka yang melalui otoritas Veda telah diakui dan diangkat sebagai seorang guru kerohanian atau sanyasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s