Pengampunan dosa dalam Bhagawad Gita

Pengampunan

Dalam Bagawad Gita di jelaskan tentang pengampunan dosa.

Bag.XII.6.

Ye tu sarvanni karmani
mayi samnyasya matparah
anayenai ‘va yogena
mam dhyayanta upasate
artinya:
Tetapi sesungguhnya mereka yg memumpuhkm segala kegiatan hidup mereka kepadaKu,memikirkan bermdditasi hanya padaKu dg kebaikan yg terpusat.

Bag.XII.7.
Terham aham samuddharta
mrtyu samsara sagarat
bhavani nachirat partha
bhavani nachirat partha
mayy avesita chetasam
artinya
xg pikiran mereka teqtuju kpadaKu dg segera dan langsung aku bebaskan mereka ini dari lautan sengsara hidup lahir dan mati.Oh Parta

dalam sloka diatas jelaslah bahwa kebaktian kepada Tuhan dg sepenuh hati dan pikiran dapat membebaskan karma tidak baik atau dosa.Disinilah peranan bhakti yg bisa melonggarkan hukum karma dan pengampunan Tuhan bisa masuk kedalamya.

Dalam setiap doa di samping berisi pengakuan,hampir selalu diikuti dg permohonan ampun.
Apakah Tuhan yg selalu di puji dg sifat maha pengampunan dapat menghampus dosa2 yg telah di perbuat oleh seseorang?Apakah Tuhan melanggar hukum karma yg Beliau ciptakan sendiri?Apakah dg pengampunan ini seseorang makin berani berbuat dosa,karena setelah mohon ampun dosanya akan hapus??
Dalam masalah ini,mari kita ambil banding keringanan hukuman yg bisa di berikan oleh pengadilan.
Jika ada seseorang pemuda membunuh seseorang,tetapi setelah membunuh dia menyatakn penyesalan dan menyerahkan diri pada polisi,akhirnya diproseslah,diajukan ke pengadilan.Di pengadilan pemuda itu mengaku terus terang alasanya dia membunuh di sertai pernyatan penyesalan.Menurut hukum mestinya si tertuduh harus di jatuhi hukuman 20 tahun penjara,tapi karena dia menyatakn penyesalan dan menyerahkn diri dg sukarela di tambah lagi dalam persidangan tidak berbelit-belit,maka rencana hukuman 20 tahun diringankn menjadi 14 tahun.
Di dalam penjara pemuda itu menunjukn sikap yg baik dan patut,maka setelah 10 tahun pengadilah pun membebaskanya dari penjara.
Dg demikian pemuda itu mendapat keringanan hukuman selama 10 tahun,semuanya ini adalah akibat sikap serta tingkah laku yg baik.Begitu pula TUHAN akan bisa mengampuni seseorang yg betul2 bertobat dg mengurangi sebagian dari penderitaan yg semestinya dia terima.
TAMPAK DI SINI BAHWA KARMA TETAP JALAN DAN PENGAMPUNAN BISA TERJADI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s