Sekilas Perkumpulan HARE KRISHNA

Sekilas Perkumpulan HARE KRISHNA
Perkumpulan Hare Krishna, atau yang secara internasional dikenal dengan nama ISKCON (International Society for Krishna Cons-ciousness/ Masyarakat Kesadaran Krishna Internasional), didirikan pada tahun 1966 oleh Sri Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada, biasa dikenal dengan nama Srila Prabhupada. Perkumpulan ini melanjutkan sebuah tradisi spiritual purba yang mengakar pada Bhagavad-gita dan kitab-kitab Veda, kitab wahyu tertua yang dikenal umat manusia. Bhagavad-gita diakui sebagai buku filsafat yang tiada bandingannya di dunia ini dan dipelajari oleh tokoh-tokoh besar dunia seperti Einstein, Thoreau, Kant, Gandhi, Bung Karno sampai mantan personil The Beatles mendiang George Harisson. Bhagavad-gita dan kitab-kitab Veda lainnya menyatakan Sri Krishna, yang pernah turun ke bumi ini lima ribu tahun silam dan memperlihatkan kegiatan rohani-Nya yang menakjubkan, sebagai Personalitas Tertinggi Tuhan Yang Maha Esa (sosok pribadi Tuhan). Tujuan ajaran ini adalah untuk membangkitkan kembali kesadaran Krishna, atau cinta kasih rohani kepada Tuhan, yang saat ini sedang berada dalam keadaan terpendam di hati setiap insan. Perkumpulan ini dikenal luas sebagai perkumpulan Hare Krishna karena latihan utamanya yakni pengucapan maha-mantra: Hare Krishna, Hare Krishna, Krishna Krishna, Hare Hare, Hare Rama, Hare Rama, Rama Rama, Hare Hare. Mantra ini berasal dari kitab Kalisantarana Upanisad, salah satu bagian dari kitab-kitab Veda (Yajur Veda).

Sri Caitanya Mahaprabhu

Sekitar lima ratus tahun silam (tahun 1486), Sri Krishna sendiri secara khusus turun ke bumi sebagai Sri Caitanya Mahaprabhu, di Mayapur, salah satu desa di sudut kota Navadvipa di Benggala, India, untuk memperkenalkan cara pengucapan maha-mantra ini, yang disebutkan dalam kitab suci sebagai cara pencerahan atau cara meditasi yang paling mulia dan paling efektif untuk keadaan zaman seperti sekarang ini (zaman penuh perselisihan/ Kali-yuga).

Keluar dari India, tersebarluas ke seluruh dunia

Ajaran mulia ini tersebarluas ke seluruh dunia atas jasa Srila Prabhupada yang pada tahun 1965 meninggalkan India menuju Amerika Serikat untuk menyampaikan ajaran ini ke dunia Barat. Ajaran spiritual yang sangat ilmiah ini langsung memikat banyak pemuda Amerika yang frustrasi dengan kemapanan materialisme di Amerika Serikat. Mereka menekuni ajaran ini di bawah bimbingan Srila Prabhupada sebagai murid-murid beliau dan pada gilirannya mereka menyebarluaskan ajaran ini ke seluruh pelosok dunia. Di Indonesia perkumpulan Hare Krishna mulai dikenal sejak awal tahun 1980-an yang diperkenalkan oleh murid-murid Srila Prabhupada tersebut. Di Indonesia, perkumpulan Hare Krishna bernaung di bawah Sampradaya Kesadaran Krishna Indonesia (SAKKHI), yang terdaftar dengan nomor: 220/ 113/ KBPM/ ORG.Praktisi dan kegiatannya

Siapa pun, dari latar belakang apa pun, dapat mempraktikkan latihan kesadaran Krishna menurut kemampuan masing-masing, sesuai pemahaman yang diperoleh. Seseorang hanya perlu menerima informasi tentang ajaran ini, mempelajarinya dengan saksama, dan bila tertarik dapat mulai menjalaninya. Pengetahuan filsafat dan teknis latihan diperoleh dari buku-buku karya A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada, dari pergaulan/ pertemuan rutin dengan sesama praktisi dan dari bimbingan guru-guru spiritual (sannyasin) yang merupakan murid-murid langsung Srila Prabhupada. Guru-guru spiritual ini berkeliling dunia menyampaikan ajaran ini dan secara rutin juga berkunjung ke Indonesia. Praktisi yang ingin memprak-tikkan latihan secara intensif bisa tinggal di Ashram-Ashram Hare Krishna yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, sebagai brahmacari atau siswa membujang. Sedangkan bagi yang tidak tinggal di Ashram bisa mempraktikkan kesadaran Krishna di tempat tinggal masing-masing. Sebagian besar praktisi perkumpulan Hare Krishna adalah orang yang berumah tangga yang berlatih kesadaran Krishna di rumah masing-masing bersama anggota keluarga, dan sekali seminggu pada hari yang disepakati, berkumpul di Ashram terdekat untuk mengadakan pertemuan mingguan. Latihan utama dalam perkumpulan Hare Krishna ini adalah meditasi pengucapan nama-nama suci Tuhan (maha-mantra Hare Krishna) baik melalui kirtana (menyanyi bersama-sama) maupun japa-yoga (mengucapkan sendiri dengan sarana tasbih atau japa-mala).

Inisiasi, atau penerimaan sebagai murid

Bagi praktisi yang sudah menekuni sampai taraf tertentu, mereka dapat mengajukan diri untuk diterima sebagai murid atau sisya oleh salah seorang guru spiritual dalam perkumpulan Hare Krishna, dan kemudian menekuni lebih lanjut ke jenjang pemahaman yang lebih tinggi. Bagi praktisi yang telah diterima sebagai murid (sudah menerima diksa), empat hal berikut merupakan prinsip yang akan dipegang teguh seumur hidupnya yakni 1) tidak makan daging, ikan dan telur, 2) tidak berjudi, 3) tidak menggunakan bahan-bahan yang memabukkan (minuman keras, obat terlarang, dsb.), dan 4) tidak berzinah.
Buku-buku pengetahuan spiritual
Buku-buku karya Srila Prabhupada mengungkap pengetahuan spiritual yang bersifat universal secara ilmiah, sehingga memikat orang dari berbagai latar belakang dan agama. Buku-buku ini telah menjadi bahan referensi di universitas-universitas di seluruh dunia. Salah satu buku karya Srila Prabhupada yang paling populer adalah BHAGAVAD-GITA MENURUT ASLINYA. Telah ada ratusan edisi Bhagavad-gita tersebar di seluruh dunia, namun hanya BHAGAVAD-GITA MENURUT ASLINYA yang mampu secara nyata mengubah hati pembacanya untuk kemudian menekuni kehidupan spiritual secara lebih intensif.
Pemujaan Arca
Di Ashram-Ashram Hare Krishna dilakukan pemujaan kepada Arca Tuhan, atau wujud rohani Tuhan yang termanifestasi secara nyata. Pemujaan Arca sama sekali bukan pemujaan berhala. Sesuatu disebut berhala jika ia lahir dari hasil angan-angan atau imajinasi manusia tentang Tuhan yang kemudian diwujudkan. Setiap manusia akan mengimajinasikan wujud yang berbeda-beda sesuai pemikirannya, dan hasil imajinasi manusia yang penuh keterbatasan itu dapatlah disebut berhala. Tetapi Arca Tuhan sama sekali berbeda dengan itu. Wujud Arca Tuhan diuraikan secara rinci di dalam kitab-kitab suci Veda India purba, kitab-kitab suci wahyu tertua yang dikenal umat manusia. Jadi wujud Arca Tuhan sama sekali tidak bisa disebut berhala. Mengenai pemujaan kepada Arca Tuhan, itu adalah seperti mengeposkan surat melalui kotak/ bis surat yang dipasang dan disahkan oleh kantor pos. Walaupun kotak surat berada jauh dari kantor pos, surat yang dimasukkan ke dalamnya pasti akan sampai ke kantor pos dan kemudian diantarkan ke tujuannya. Demikian pula, wujud Arca yang direkomendasikan oleh Tuhan sendiri melalui kitab-kitab suci tidaklah berbeda dengan Tuhan sendiri dan Tuhan menerima segala persembahan kita melalui wujud tersebut.

Gerakan kesadaran Krishna juga memiliki beberapa ashram yang terdapat di berbagai tempat, antara lain:

1. Ashram Sri Sri Gauranga Sankirtana, Jln. Tukad Balian No.108, Renon, Denpasar. Telp: (0361) 7424193.
2. Kunjavihari ashram, jalan celuk no 16X, Desa Paksebali kecamatan Dawan Kab. Klungkung Bali
3. Ashram Sri-Sri Radha-Rasesvara, Jln. Tanah Putih, Gg. Tanah Ayu, Blumbungan, Sibang Gede, Abiansemal, Badung. Telp: (0361) 7459110.
4. Ashram Sri-Sri Nitai-Gaurangga, Banjar Sayan, Baleran, Desa Werdi Buana, Mengwi. Telp: (0361) 7445629.
5. Ashram Sri-Sri Radha-Madhava, Desa Siangan, Bitera, Gianyar. Telp: (0361) 7449279.
6. Ashram Kiskendha Krishnaloka, Lingkungan Br. Wani, Desa Gadungan, Selemadeg Timur, Tabanan. Telp: 08124602212.
7. Pusat latihan Bhakti-yoga, Jl. Gempol, Banyuning, Singaraja. Telp: (0362) 22750.
8. Gaurangga Bhakti-yoga Center, Jln. Ahmad Yani, No. 484, Amlapura, Karangasem. Telp: 085237814625.

PUSTAKA BHAKTI-BHAGAVATA

Perwakilan Resmi BBT Indonesia

Jln. Tukad Yeh Penet, No. 22, Renon, Denpasar-BALI

Telp: 081338319315, email: PustakaBhaktiBhagavata@gmail.com, anantavijaya@yahoo.com

-Surabaya (031) 5932343, Malang (0341) 580186, Yogya (0274) 449962, Bandung (022) 7566194, Puncak, Bogor (0251) 253213, Jakarta (021) 5383873, 3454562, Kalimantan (051) 322653, Lombok 081805751081, Tolai, Sulawesi Tengah (0450) 26024, Kendari, Sulawesi Tenggara (0401) 325504.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s